Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama Diangkat Sebagai Tema #KarnavalPesonaParahyangan

Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama Diangkat Sebagai Tema #KarnavalPesonaParahyangan

Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama Diangkat Sebagai Tema #KarnavalPesonaParahyangan / dok. Kemenpar

Travelezo.com – Bandung, Dipastikan ribuan pasang mata menyaksikan Karnaval Pesona Parahyangan yang diselenggarakan hari ini (Sabtu, 26/8/2017) di Bandung Jawa Barat.

Dengan mengangkat tema “Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama”, kegiatan promosi wisata ini dihadiri oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, Menpar Arif Yahya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Menpar Arief Yahya mengatakan, penyelenggaraan karnaval kemerdekaan ini sebagai tradisi yang dimulai tahun 2015 yang lalu sebagai acara penutup puncak perayaan kemerdekaan. “Karnaval kemerdekaan kali ini melibatkan lebih dari 1.115 peserta berlatarbelakang seniman dan berbagai komunitas anak muda di Jawa Barat, serta perwakilan budaya dari 12 provinsi yang berkolaborasi dan bekerja bersama untuk menghadirkan pesta rakyat yang meriah,” kata Menpar Arief Yahya.

Lebih lanjut, Menpar menjelaskan, karnaval kemerdekaan ini menjadi pesta rakyat yang menampilkan arak-arakan budaya nusantara sebagai representasi dari keberagaman suku dan budaya di Tanah Air dengan semangat api kerja bersama untuk mengisi kemerdekaan.

“Bandung dikenal sebagai kota kreatif dan budaya, pemilihan Bandung sebagai tempat penyelenggaraan akan semakin menguatkan posisi Bandung sebagai pusat industri kreatif dan destinasi karnaval berkelas dunia,” kata Arief Yahya.

Menurut Ketua Panitia Nasional Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 Premita Fifi, penyelenggaraan karnaval kemerdekaan pada tahun ini agak berbeda karena panitia nasional hanya menjadi fasilitator, sedangkan konten dan pelaksanaan karnaval sepenuhnya menjadi kewenangan tuan rumah yang dimotori oleh parabudayawan dan insan kreatif dari Kota Bandung.

Rangkaian kegiatan karnaval di Bandung akan dimulai pukul 08.00 WIB dengan panjang lintasan karnaval 2,2 km. Jalur karnaval membentang dari Gedung Sate sampai Balai Kota Bandung. Kegiatan karnaval akan diramaikan dengan tampilnya Rombongan Rebana dari Pondok Pesantren Nurul Iman, Karaton Kapangeranan Gebang Kinatar Cigugur Kuningan, Kuda Renggong Sumedang, Kesenian Gotong Garuda, Reog Ponorogo, kesenian Sisingaan asal Subang, serta perwakilan budaya dari 12 provinsi di Indonesia. 43 kontingen lintas budaya, komunitas, provinsi, kabupaten, dan kota akan terlibat memeriahkan karnaval lho! Aat Suratin, seniman asal Jabar didapuk sebagai Art Director.

(kmn)

Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama Diangkat Sebagai Tema #KarnavalPesonaParahyangan | redaksi | 4.5