Bakpia Pathuk, Oleh – oleh Khas Jogja

Bakpia Pathuk, Oleh - oleh Khas Jogja

Bakpia Pathuk, Oleh – oleh Khas Jogja (suasana pusat pembuatan Bakpia Pathuk merk 25)

Travelezo.com – Yogyakarta, Kota Yogyakarta (Baca: Jogja) dikenal sebagai kota pelajar, karena banyaknya universitas terkenal disana. Selain itu, Jogja sendiri mempunyai banyak objek wisata yang cukup terkenal. Sebutlah contohnya Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Depok, Keraton Jogja Goa Pindul dan wisata belanja Malioboro. Arena permainan juga ada seperti Kids Fun dan Jogja Bay.

Berkunjung ke suatu daerah tak lengkap kiranya jika belum mencicipi oleh – oleh/ panganan khas daerah tersebut. Salah satu oleh – oleh khas dari Jogja adalah Bakpia Pathuk (Pathok)Bakpia adalah kue yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula, yang dibungkus dengan tepung terigu, yang kemudian dipanggang. Istilah bakpia sendiri adalah berasal dari dialek Hokkian, yaitu dari kata “bak” yang berarti daging dan “pia” yang berarti kue, secara harfiah berarti maknanya roti yang berisi daging (biasanya daging babi). Karena masyarakat Jogja mayoritas beragama Islam maka daging babi tersebut diganti dengan isian kacang hijau. Seiring perkembangan zaman, selain kacang hijau sekarang kita bisa menemukan bakpia rasa durian, keju, coklat dan lain sebagainya.

Dulu merk bakpia disesuaikan dengan nomor rumah pembuat bakpia, seperti bakpia 75, bakpia 25, bakpia 531, bakpia 125 dan Bakpia 99. Namun sekarang banyak kita jumpai bukan nomor rumah namun lebih modern, seperti bakpia merk Djava, Bakpia Vista, Bakpia ayu dan sebagainya.

Harganya pun sangat bervariasi, mulai dari harga Rp. 10.000 hingga Rp. 35.000 per kotaknya. Tergantung dari banyaknya isi, rasa dan kelembutannya. (Tim travelezo.com)

Bakpia Pathuk, Oleh – oleh Khas Jogja | redaksi | 4.5